Khipti Fatimah
by on December 27, 2016
891 views
Dunia seakan menjadi seperti boneka menaquin rasanya kalau melihat smartphonemu jatuh ke air kan? Tidak masalah kalau smartphne itu memang ponsel anti air seperti Samsung Galaxy s7 atau Samsung S7 Edge atau alternative lainnya kamu punya casing ponsel anti air. Tapi, kalau bukan? Kiamat kecilmu baru dimulai.
Jangan panik, kamu bisa lakukan langkah-langkah mudah ini saat melihat smartphonemu masuk ke air entah ke itu ke bak mandi atau wastafel.
1. Segera ambil dari air dan pastikan smartphonemu dalam keadaan mati.
Kalau masih hidup, kamu harus segera mematikannya. Memang agak susah kalau sedang panik, tapi coba ambil nafas supaya kamu tenang setelah itu keluarkan baterainya. Lakukan dengan hati-hati sebab kalau kamu buru-buru justru airnya bisa bertambah masuk kedalam dan akan kecil kemungkinan untuk tidak rusak. Pergerakan yang ekstrim akan menambah buruk kondisi ponselmu.
2. Biarkan ponsel pintarmu itu dalam keadaan mati.
Jangan coba-coba menghidupkannya setelah mati sekedar untuk mencari tahu apa ponselmu baik-baik saja. Kamu juga dilarang untuk menchargenya. Selain itu, kamu juga tidak boleh menekan tombol apapun, bisa jadi air yang masuk malah bisa lebih dalam. Yang tidak kalah penting juga, Jangan memanaskan pnsel diatas open atau yang lainnya. Panas yang tinggi akan membuat ponselmu menjadi rusak. Gerakkan ponselmu perlahan supaya airnya tidak memaksa masuk kekomponen terpenting.
3. Lepaskan semua komponen yang bisa dilepas.
Lepaskan komponen luar misalnya chasing, baterai, simcard, dan memory card. Dengan begini akan lebih mudah kering nantinya. Keringkan dengan tisu yang lembut atau handuk lembut. Hilangkan air perlahan ponselnya perlahan supaya air tidak semakin masuk lagi. Gunakan vacuum cleaner untuk mengeringkan bagian yang tidak bisa dijangkau dengan tisu dan jangan gunakan hairdryer karena hairdryer anginnya panas, itu akan membuat smartphonemu rusak.
4. Keringkan dengan handuk atau tisu lembut
Biarkan saja ponselmu sampai kering dengan sendirinya atau kamu bisa meletakkannya dekat dengan kipas angin. Tapi, hindari memanaskannya secara langsung atau menjemurnya dibawah matahari secara langsung. Beberapa orang mencoba mengeringkan ponsel dengan memasukkannya kedalam mangkuk berisi beras atau menyimpannya kedalam wadah dari silikon.
5. Biarkan ponselmu sampai benar-benar kering selama beberapa hari.
Biasanya memakan waktu hingga tiga hari atau lebih. Kalau kamu sudah yakin ponselmu benar-benar kering, kamu bisa menghidupkan ponselmu. Kalau kamu berhasil, ponselmu akan hidup dan bekerja seperti biasa. Tapi, kalau tidak hidup itu artinya ponselmu sudah rusak. Bawa saja ke tempat reparasi ponsel, mudah-mudahan masih bisa diperbaiki. Cara diatas adalah pertolongan pertama setelah handphonemu jatuh ke air. Kalau kamu melakukan setiap langkahnya dengan benar tapi tetap saja tidak berhasil artinya kamu harus menyerahkannya kepada yang ahli.
Memang terkadang meskipun kita sudah menjaga dan memnggunakan ponsel kita secara hati-hati tapi tetap ada saja kecerobohan yang kita lakukan. Kalau kamu cukup beruntung kamu bisa membeli ponsel yang tahan air, tapi kalau budgetmu belum mencukupi ada baiknya kamu berhati-hati dalam penggunaan ponsel ketika mendekati wastafel, toilet, atau bak mandi.
Sudah banyak orang yang mengalami kasus smarphone jatuh ke air, tapi tidak semua berhasil menyelamatkannya. Oleh karena itu, berhati-hatilah. Cuma kamu yang tahu kebiasaanmu. Yang harus kamu ingat ketika smartphonemu jatuh ke air adalah menghindari kepanikan. Karena panik akan membuat situasinya menjadi semakin rumit. Tetap tenang dan berhati-hatilah......Semoga bermanfaat.
Posted in: Tips & Trik
Be the first person to like this.