sahrudi
by on September 8, 2016
914 views

Tips Agar Anak Tidak Mudah Terserang Penyakit

Salah satu tugas penting dari orang tua adalah menjaga kesehatan anak. Tentu bukan sebuah tanggung jawab yang mudah. Hal ini dikarenakan, usia anak adalah usia bermain. Anak belum mampu memilih dan memilah mana yang baik untuk kesehatannya dan mana yang tidak. Oleh karena itu, orang tua harus memberikan perhatian ekstra.

Untuk menjaga anak agar tidak mudah terserang penyakit kami berbagi tips sederhana. Mungkin bisa dipraktekkan oleh orang tua di rumah. Semoga tips ini bermanfaat.

Menjaga Kebersihan Tangan

Kebersihan tangan anak merupakan hal pertama yang paling penting untuk diperhatikan. Kita tahu bahwa anak sangat senang memasukkan tangan ke dalam mulut, atau memasukkan semua benda yang berhasil di pegangnya ke dalam mulut. Apabila tangan anak kotor dan dimasukkan ke dalam mulut maka disitulah proses masuknya bakteri dan sumber penyakit lain. Jadi, meskipun memberikan kebebasan kepada anak untuk bermain apa saja yang disenanginya tetapi tetap harus ada kontrol dari orang tua (pengawasan).

Aktif Bergerak Setiap hari

Usia anak adalah usia bermain, oleh karena itu orang tua tidak seharusnya melarang mereka bermain. Bahkan sudah sewajarnya ketika orang tua mengajak anaknya bermain. Bermain apa saja yang bisa membuat anak bergerak aktif setiap harinya. Tentunya dengan batasan waktu tertentu. Ketika anak bermain dan terus bergerak setiap harinya maka bisa jadi membuatnya sangat kelelahan dan membuat tidurnya tidak nyaman. Namun, orang tua harus terus mengajak anaknya untuk bergerak aktif setiap hari, agar proses pertumbuhannya berjalan normal dan tentu saja bisa terhindar dari penyakit.

Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan bergizi merupakan kebutuhan anak. Meskipun terkadang orang tua kewalahan memberikan makanan bergizi kepada anaknya. Bukan karena makanan yang tidak ada, tetapi anak yang menolak makan makanan tersebut. Oleh karena itu, orang tua harus pandai-pandai dalam memilih waktu makan yang tepat, menyajikan makanan sehingga terlihat menarik, dan satu hal orang tua harus menghindarkan anak dari makanan cepat saji dan jajanan yang kurang sehat. Jadi, kontrol orang tua terhadap makanan anak sangat penting. Selalu kreatif dan membuat makanan untuk anak sehingga anak tidak merasa bosan.

Istirahat secukupnya

Bagian terakhir dalam menjaga agar anak tidak mudah terserang penyakit adalah dengan istirahat yang cukup. Selain makan anak juga biasanya susah untuk tidur atau istirahat, baik itu siang maupun malam hari. Mereka biasanya selalu ingin bermain dan bermain. Oleh karena itu, sebagai orang tua harus mencontohkannya. Jadi, setiap hari orang tua harus mengajak tidur bersama di waktu istirahat siang. Salah satu trik yang selalu sukses dari dulu sampai . rang adalah dengan membacakan/menceritakan dongeng.

Orang tua yang baik bukanlah orang tua yang memanjakan anaknya dengan berbagai macam fasilitas yang mewah. Orang tua yang baik adalah orang tua yang peduli dan selalu mencari tahu apa yang dibutuhkan oleh anaknya. Pada dasarnya anak tidak butuh sesuatu yang mewah karena mereka belum memiliki ukuran nilai terhadap hal tersebut. Anak hanya tahu tentang hal yang bisa membuatnya tertawa dengan riang dan bergerak bebas. Jadi, sayangi buah hati anda dengan memberikan proteksi maksimal agar terhindar dari serangan penyakit.

Posted in: Anak/ Balita
Be the first person to like this.