heriyanto
by on November 18, 2015
1,600 views

Manfaat Olahraga Lari Secara Rutin


Lari adalah olahrga yang paling murah dan mudah dilakukan. Tidak perlu tempatk khusus atau peralatan khusus. Bisa dilakukan dari semua jenis usia tanpa perlu mentor yang memberikan bimbingan.

Lari bisa dilakukan pagi atau sore hari tergantung keinginan dan waktu yang dimiliki. Tidak heran ketika hampir semua taman-taman kota selalu disesaki warga untuk kegiatan berlari entah sore atau pun pagi hari. Taman kota memang menjadi pilihan yang sangat tepat untuk kegiatan olahraga ini. Selain di dukung dengan kondisi cuaca yang sejuk karena rimbunnya pepohonan juga taman-taman kota biasanya menyiapkan area sebagai rute untuk melakukan aktivitas berlari.

Olahraga yang terlihat ringan dan terkadang masih diabaikan untuk dilakukan secara rutin ini ternyata memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Perubahan bisa dirasakan setelah menjalaninya secara rutin dalam hitungan 3-5 kali.

Misalnya anda menjadwalkan untuk berlari satu kali dalam satu minggu maka itu artinya anda membutuhkan waktu satu bulan untuk merasakan betul manfaatnya. Ketika anda lebih sering berlari dalam satu minggu misalnya dua sampai tiga kali maka manfaatnya pun akan cepat terasa. Manfaat besar dari kegiatan olahraga kecil ini adalah sebagai berikut:


  1. Menyehatkan jantung dan paru-paru.
    Manfaat yang paling cepat terasa ketika berlari adalah tentang kerja jantung. Anda bisa merasakan pada saat anda baru mulai berlari (anda tidak pernah berlari selama beberapa bulan). Anda akan sangat cepat lelah dan kesusahan dalam bernafas. Hal ini terjadi karena jantung tidak pernah bekerja sekeras saat berlari.
    Melalui kegiatan berlari maka jantung dilatih untuk bekerja lebih keras untuk mengalirkan darah keseluruh tubuh secara merata dengan porsi yang sesuai. Melatih pernafasan agar bisa bertahan lebih lama dari biasanya. Khusus bagi perokok mungkin akan merasakan sakit pada bagian dada saat pertama kali berlari hal itu normal lakukan secara rutin maka perlahan rasa sakit itu akan hilang.
  2. Menjaga berat badan.
    Proses berlari membutuhkan tenaga sehingga pada saat berlari tubuh akan membakar kalori lebih besar sehingga dapat menjaga berat badan tetap ideal. Artinya bahwa meskipun setelah berlari anda maka lebih banyak dari biasanya anda masih bisa tetap menjaga berat badan karena pada saat melakukan kegiatan berlari secara rutin kalori banyak digunakan.
  3. Mengencangkan otot kaki.
    Bagian yang bekerja keras pada saat berlari adalah kaki. Oleh karena itu manfaat yang paling terasa adalah pada bagian otot adalah otot kaki. Anda akan memiliki otot yang lebih kencang tentunya dengan tampilan yang lebih bagus. Otot kaki meliputi bagian betis dan paha yang akan lebih kuat.
  4. Membuang racun dalam tubuh.
    Pada dasarnya makan-makanan adalah proses memasukkan racun dalam tubuh secara tidak sadar. Banyak racun yang ikut masuk ke dalam tubuh kita setiap kali kita makan, meskipun makanan yang kita makan sudah masuk dalam kategori sehat. Mungkin saat dimasukkan masih belum berbentuk racun tetapi ketika sudah berada dalam tubuh dan tidak bisa diolah dan dimanfaatkan untuk tubuh maka makananan tersebut berubah menjadi racun. Racun tersebut bisa dikeluarkan melalui keringat saat berlari.
  5. Menguatkan tulang
    Selain otot berlari juga dapat menguatkan tulang-tulang tubuh kita.Tulang akan menjadi kuat apabila dibiasakan untuk berlari (bekerja keras) sehingga senantiasa bergerak. Anda bisa bayangkan ketika anda pekerja di kantoran yang duduk selama kurang lebih 8 jam perhari. Tulang anda hampir tidak melakukan kegiatan (gerakan) berarti. Oleh karena itu anda butuh waktu satu kali (pada hari libur) dalam seminggu untuk melemaskan dan mempekerjakan tulang anda lebih dari biasanya.
  6. Menyegarkan pikiran.
    Olahraga lagi juga bisa dijadikan sebagai kegiatan refershing. Berlari secara teratur juga mampu menyehatkan otak sehingga pikiran menjadi lebih fresh dengan tubuh yang bugar. Anda akan lebih siap menghadapi pekerjaan dengan pikiran yang segar dan tubuh yang sehat.

Bagaimana sudah kah anda berlari minggu ini? Seberapa rutin anda berlari setiap minggu? Kalau anda belum memiliki aktivitas rutin dalam berlari setiap minggunya maka mulailah menjadwalkannya. Anda tidak harus pergi ke taman kota. Bisa berlari kecil di sekitar tempat tinggal anda.

Hanya saja yang perlu anda perhatikan dalam berlari adalah polusi udara di sekitar tempat tinggal anda. Usahakan terhindar atau paling tempat anda sangat kurang polusi udara dari kendaraan bermotor dan pabrik. Ketika anda berlari anda pada dasarnya membutuhkan udara segar untuk dikomsumsi oleh paru-paru anda. Selamat mencoba berlari secara rutin, mari hidup sehat dengan kegiatan kecil dan murah yang manfaatnya sangat besar.

Posted in: Olahraga
Be the first person to like this.