Eka Febriyani Khasanah
by on April 8, 2015
1,149 views
Obat Alami Menurunkan Demam Anak

Demam dapat menyerang anak kapan saja. Sebagai orangtua anda tentu merasa cemas jika buah hati anda mengalami demam tinggi. Ada banyak cara untuk menurunkan demam anak misalnya dengan memberikan obat penurun demam atau menempelkan plester penurun demam pada anak. Jika di rumah anda sedang tidak ada persediaan obat atau plester penurun demam anda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di rumah.
Beberapa bahan yang digunakan sebagai obat penurun demam anak :

a. Lempuyangan
Lempunyangan mengandung minyak atsiri yang dapat menurunkan demam. Cara membuatnya cukup mudah, parut satu ruas jari lempuyangan kemudian tambahkan setengah gelas air panas lalu peras dan saring. Tambahkan madu ke dalam air perasan lempuyangan tersebut, berikan minuman ini pada anak tiga kali sehari.
b. Kunyit
Kunyit mengandung minyak atsiri, turmeron, curcumin, dan juga zingiberen yang berfungsi sebagai antioksidan dan antibakteri yang dapat menurunkan demam. Cara membuatnya sangat mudah, parut satu ruas jari kunyit kemudian tambahkan setengah gelas air hangat dan diamkan hingga dingin lalu tambahkan air jeruk nipis dan madu asli. Berikan minuman ini pada anak tiga kali sehari.
c. Bawang merah
Bawang merah mengandung minyak Atsiri, sikloaliin, metilaliin, kaemferol, kuersetin dan floroglusin, yang dapat menurunkan demam. cara membuatnya dengan memarut atau mengiris tipis beberapa butir bawang merah kemudian tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih atau minyak tanah dan usapkan pada seluruh tubuh anak
d. Temulawak
Temulawak mengandung Kandungan zat aktif berupa germacrene dan xanthorrhizol. Temulawak juga mengandung dalpha betha curcumena yang berfungsi sebagai antiinflamsi dan antibiotik untuk menurunkan panas. Cara membuatnya cukup mudah, parut satu ruas jari temulawak kemudian tambahkan setengah gelas air lalu peras dan ambil sarinya kemudian tambahkan dua sendok makan madu asli. Berikan minuman ini pada anak tiga kali sehari.
e. Air kelapa muda
Air kelapa muda mengandung banyak mineral seperti kalium yang dapat mengganti cairan tubuh yang banyak keluar sebagai keringat pada saat demam.
Posted in: Kesehatan
Be the first person to like this.