sahrudi
by on August 7, 2016
964 views

Cara Membuat Resensi Buku

Membuat resensi buku merupakan salah pengetahuan yang penting bagi siswa. Merupakan salah satu materi yang diajarkan pada bidang studi Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, membuat resensi buku sudah seharusnya dipahami oleh siswa apalagi yang sudah berada pada tingkatan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat.

Pengertian Resensi Buku

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Resensi merupakan pertimbangan atau pembicaraan tentang buku atau ulasan buku. Beberapa ahli memberikan pengertian dari resensi buku. Pengertian resensi menurut Widjono adalah ulasan atau penilaian sebuah hasil karya, buku, film, produk teknologi dan lain-lain. Menurut Gorys Keraf resensi dalam arti sempit, yaitu suatu tulisan atau ulasan mengenai nilai suatu hasil karya atau buku. Sedangkan dalam arti yang lebih luas, yaitu pertimbangan-pertimbangan terhadap karya seni lainnya seperti drama, film, sebuah pementasan dan sebagainya. Dari beberapa pengertian tersebut di atas maka dapat disimpulkan bahwa resensi buku adalah pertimbangan yang diberikan terhadap sebuah buku yang memperlihatkan kelebihan dan kekurangan dari sebuah buku.

Unsur penting Dalam Resensi Buku

Untuk membuat sebuah resensi buku maka perlu diperhatikan unsur-unsur penting yang harus ada dalam sebuah resensi. Hal ini penting diperhatikan dan dipahami sebelum membuat sebuah resensi buku. Adapun unsur-unsur yang perlu diperhatikan atau harus ada dalam resensi buku adalah sebagai berikut:

  1. Identitas Buku
    Unsur pertama yang harus diketahui adalah tentang identitas buku tersebut. Apakah buku yang akan dibuatkan resensi adalah buku terjemahan atau bukan. Kalau buku tersebut adalah buku terjemahan maka sebaiknya menggunakan Judul buku dan pengarang asli.Selanjutnya menuliskan penerjemah buku tersebut.
  2. Judul resensi
    Hal penting yang perlu diperhatikan dari judul resensi adalah kesesuaian antara judul resensi dengan isi resensi yang dibuat. Judul resensi yang menarik akan menjadi nilai tambah dari hasil resensi yang dibuat.
  3. Data buku
    Data-data tentang buku perlu dituliskan secara utuh. Data-data buku yang dimaksud meliputi:
    1. Judul buku
    2. Pengarang
    3. Penerbit
    4. Tahun terbit beserta cetakannya
    5. Dimensi buku
    6. Harga buku
  4. Ikhtisar isi resensi buku
    Unsur keempat yang perlu diperhatikan juga adalah tentang ikhtisar atau isi singkat dari resensi yang dibuat. Ikhtisar dibuat untuk memberikan gambaran secara singkat tentang resensi yang kita buat terhadap suatu buku tertentu. Jadi, ketika orang membaca ikhtisar yang kita buat akan menjadi pertimbangan apakah akan melanjutkan untuk membaca seluruh resensi atau tidak. Jadi, ikhtisar resensi harus dibuat menarik karena tidak terikat urutan karangan dari buku aslinya.
  5. Kelebihan dan kekurangan buku
    Unsur ini menjadi bagian yang sangat penting. Kelebihan dan kekurangan buku adalah hal yang paling sering dicari pembaca. Melihat gambaran secara singkat apa saja yang bisa ditemukan dalam sebuah buku dan apa saja kekurangan dari buku tersebut. Hal yang perlu diperhatikan adalah dalam menuliskan kelebihan dan kekurangan ini harus dilakukan secara objektif sehingga tidak sekedar menjustifikasi buku hanya dari sudut pandang tertentu saja.
  6. Penutup
    Bagian penutup ini berisi alasan kenapa sebuah buku dituliskan dan kepada siapa buku tersebut ditujukan. Bagian penutup ini juga berisi tentang saran dan kritik yang diberikan kepada penulis buku yang diresensi.

Langkah Membuat Resensi Buku

Ada langkah-langkah tersendiri yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah resensi buku. Langkah-langkah yang perlu dipahami adalah sebagai berikut:

  1. Menentukan buku
    Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jenis buku apa yang akan diresensi. Seorang yang membuat sebuah resensi buku harus menentukan apakah buku yang diresensi tersebut merupakan sebuah buku berupa roman, biografi, novel atau lainnya. Penting juga diperhatikan jenis buku tersebut apakah berupa buku fiksi atau nonfiksi.
  2. Melakukan pencatatan anatomi buku
    Melakukan pencatatan tentang anatomi buku sangat penting. Hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran buku jika dilihat dari luar. Artinya bahwa sebelum seseorang memutuskan untuk membeli buku sudah mengetahui tentang gambaran dari buku melalui resensi yang dibuat. Anatomi atau bagian buku yang penting untuk dicatat adalah jenis buku, judul buku, nama pengarang, nama penerbit, tahun terbit, tahun cetak, jumlah halaman, jenis kertas, dimensi, harga buku, bentuk dan format buku, jenis kertas yang digunakan, ilustrasi cover, jenis huruf yang dipakai dan lain sebagainya yang dianggap penting untuk diketahui.
  3. Membaca buku dengan teliti
    Untuk menghasilkan sebuah kritik dan saran yang baik terhadap isi buku. Maka hal yang harus dilakukan adalah membaca buku dengan teliti. Ketelitian memahami isi buku akan membuat penilaian yang dibuat akan semakin objektif.
  4. Membuat ikhtisar
    Setelah membaca buku dengan teliti maka langkah selanjutnya adalah membuat ikhtisar isi buku. Ikhtisar ini bisa menjadi kerangka awal atau bentuk singkat dari resensi yang akan dibuat.
  5. Membuat isi resensi
    Setelah ikhtisar isi buku selesai dibuat maka langkah selanjutnya adalah membuat isi resensi. Isi dari resensi buku yang dibuat meliputi hal-hal berikut ini:
    1. Informasi umum tentang buku
    2. Judul resensi
    3. Ringkasan secara garis besar
    4. Penilaian terhadap buku
    5. Menonjolkan sisi lain dari buku
    6. Mengulas manfaat yang bisa didapat dari buku
    7. Penilaian terhadap kelengkapan karya, Ejaan yang disempurnakan (EYD), dan sistematika resensi
  6. Kesimpulan
    Pada bagian kesimpulan ini berisi tentang apa saja yang bisa diperoleh dari membaca buku yang diresensi. Serta imbauan kepada pembaca. Hal yang jangan sampai dilupakan adalah mencantumkan nama anda sebagai pembuat resensi (Resentator).

Nah itulah cara membuat resensi buku. Langkah-langkah tersebut perlu diperhatikan dengan baik agar resensi buku yang dibuat bukan hanya menarik tetapi juga sesuai dengan harapan pembaca buku. Artinya bahwa setelah membaca resensi yang dibuat dan pembaca membaca buku secara utuh menemukan hal yang serupa atau hampir sama dengan isi ulasan yang dibuat.

Semoga bermanfaat!

1 person likes this.