Eka Febriyani Khasanah
by on November 7, 2015
756 views
Mandi pagi merupakan salahsatu kegiatan rutin yang dilakukan sebelum memulai kativitas bekerja ataupun bersekolah. Namun, tidak sedikit orang yang malas mandi pagi apalagi jika cuaca dingin dan rasa kantuk terasa berat.
Mandi pagi ternyata banyak manfaatnya bagi tubuh. Apalagi jika mandi pagi dilakukan sebelum subuh atau sebelum terbit fajar. Bagi sebagian orang tentu akan sangat malas beranjak dari tempat tidurnya untuk melangkah ke kamar mandi. Tetapi, bagi mereka yang sudah terbiasa bangun sebelum fajar lalu bergegas untuk mandi pasti akan merasakan manfaatnya. Berikut beberapa manfaat mandi sebelum subuh yang dilakukan secara rutin :
1. Memperlancar peredaran darah
Sentuhan air dingin pada kulit dipagi hari ternyata mampu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.
2. Meyebabkan awet muda
Beberapa tanda penuaan yang paling sering dijumpai yaitu terlihat kerutan dan garis-garis halus pada kulit wajah, terdapat lingkaran hitam di area mata, kulit kusam, timbul flek atau noda hitam, dan kulit kehilangan kelembaban alaminya sehingga kulit tak lagi elastis
3. Menghilangkan stress
Stress dapat dialami oleh siapa saja terutama bagi mereka yang sudah bekerja ataupun sedang kuliah. Rutinitas bekerja atapun kuliah beserta tugas-tugasnya sangat menguras waktu, tenaga dan pikiran sehingga dapat menimbulkan stress. Cobalah untuk bangun sebelum subuh lalu mandi. Sentuhan air dingin akan memberikan kesegaran pada tubuh sehingga dapat merefresh pikiran dan mengurangi stress.
4. Meningkatkan jumlah sel darah putih (leukosit)
Ternyata mandi sebelum subuh mampu meningkatkan jumlah sel darah putih di dalam tubuh. Sel darah putih berguna untuk membunuh kuman dan penyakit di dalam tubuh dan menjaga kekebalan tubuh (sistem imun).
5. Meningkatkan gairah seks
Mandi sebelum subuh yang dilakukan secara rutin ternyata mampu meningkatkan produksi hormon estrogen pada wanita dan juga hormon testosteron pada pria. Hormon tersebut merupakan hormon yang berperan dalam proses reproduksi.
Be the first person to like this.