November 3, 2015 by

Kenapa Harus Melakukan Survey Sebelum Membuka Usaha


Membuka usaha sendiri tentunya sangat menyenangkan. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan kreatifitas yang dan kemampuan yang dimiliki. Tidak hanya itu dengan menjadi pengusaha maka anda akan memiliki kebebasan waktu dan kebebasan ekonomi (kalau anda sudah sukses). Dua hal yang sangat diinginkan manusia dalam hidupnya.

Kembali pada keinginan membuka usaha, kenapa harus melakukan survey terlebih dahulu? Pertanyaan ini sangat penting untuk diberikan jawaban karena akan berdampak pada pengembangan dan kesuksesan dalam menjalankan usaha nantinya. Berikut beberapa jawaban yang akan kami sampaikan dan berharap semoga bisa membantu anda yang berniat untuk mulai membuka usaha


  1. Mengetahui peluang dan persaingan
    Melakukan survey sebelum membuka usaha akan memberikan gambaran kepada anda tentang kondisi yang terjadi di lapangan. Anda mungkin orang yang hebat dari segi konsep, inovatif dalam berpikir, dan punya daya kreatifitas yang tinggi. Namun, ketika anda tidak tahu peta persaingan maka anda bukanlah apa-apa dihadapan kompetitor anda.
    Lakukanlah survey sebelum membuka usaha agar anda tahu bagaimana caranya menciptakan peluang. Apa yang sangat diminati masyarakat namun belum ada atau mungkin masih sedikit jenis usaha yang memenuhinya. Jadilah jawaban dari kebutuhan masyarakat agar usaha anda bisa berjalan dengan lancar.
    Survey juga sangat penting untuk melihat peta persaingan di lapangan. Cari tahu berapa jenis usaha sejenis yang sudah ada dan telah efektif berjalan. Kalau perlu anda harus tahu tentang prosedur pelayanan, kualitas, dan juga harga dari produk atau jasa dari jenis usaha tersebut. Referensi tersebut anda kumpulkan dan berinovasilah agar tampil beda dan terlihat unik meskipun pada dasarnya anda menjalankan jenis usaha yang sama.
  2. Mendesain mode produk
    Melalui survey yang anda lakukan, anda akan tahu produk apa saja yang paling laris. Kalau anda ingin membuat usaha sejenis maka anda harus kreatif untuk menciptakan produk yang sama tapi dengan tampilan dan kualitas yang lebih baik dan kalau bisa harga yang lebih murah. Desain produk dalam satu jenis usaha bisa beraneka ragam oleh karena itu selain melakukan survey terhadap kompetitor anda juga harus melakukan survey kepada masyarakat atau calon konsumen anda
  3. Mempermudah pemasaran
    Setelah anda melakukan survey maka anda akan tahu waktu dan tempat yang paling cocok untuk menjalankan usaha anda. Maka anda pun akan mudah dalam memasarkan produk anda. Ingat bahwa pemasaran adalah bagian penting dalam menjalankan usaha. Meskipun produk anda sangat bagus tetapi melakukan pemasaran yang tidak tepat sasaran maka sama saja anda 'menawarkan makanan kucing kepada gajah', tidak akan berarti apa-apa.
    Melalui survey yang anda lakukan maka anda akan mampu mendesain konsep pemasaran yang efektif. Bahkan kalau anda adalah orang yang hebat maka anda bisa menjadikan orang di sekitar anda sebagai tenaga pemasaran gratis. Ingat bahwa konsumen yang sudah terlanjur senang dengan produk dan pelayanan anda akan dengan senang hati membicarakannya kepada orang lain dan itu adalah bentuk pemasaran yang paling hebat.
    Kesimpulannya adalah dengan melakukan survey sebelum membuka usaha maka anda akan tahu kebutuhan masyarakat (calon konsumen), anda tahu peta persaingan, anda bisa menciptakan produk baru, mendesain konsep pemasaran, dan juga memilih waktu dan tempat yang tepat. Begitu pentingnya survey sehingga sebaiknya anda lakukan agar hambatan dalam menjalankan usaha bisa teratasi. Kami yakin anda akan menjadi pengusaha yang siap bersaing ketika anda benar-benar melakukan survey sebelum membuka usaha.


Posted in: Bisnis